Alasan Buah-Buahan Bikin Sehat
Sumber gambar: klikdokter.com
in

Alasan Buah-Buahan Bikin Sehat

UGETUGETSelain rasanya yang segar, makan buah bisa membuat tubuh kita sehat. Soalnya buah banyak mengandung ‘sesuatu yang bikin sehat’. Sesuatu yang bikin sehat itu, yakni karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, dan air.

Selain itu buah juga mengandung pigmen, enzim, dan serat makanan.

Sumber energi

pisang susu
Sumber gambar: wikipedia.org | Pisang Susu.

Karbohidrat adalah sumber energi utama bagi tubuh. Contoh buah yang berkabohidrat tinggi adalah pisang. Buah ini berguna sebagai sumber energi untuk otak, pembentukan sel darah merah, dan syaraf pusat. Makanya, banyak atlet yang tak pernah meninggalkan rumah tanpa makan pisang.

Membentuk sel syaraf

Tubuh kita juga memerlukan lemak. Salah satu buah yang mengandung lemak, avokad (kita kerap menyerap alpukat). Tetapi lemaknya tidak membahayakan kesehatan, malahan berguna untuk membentuk sel syaraf, dan kulit sel di dalam tubuh.

Menyehatkan mata

tomat
Sumber gambar; wikipedia.org

Beta karoten (bahan pembentuk vitamin A) yang ada pada buah berwarna kuning dan jingga (tomat, mangga) berguna untuk menyehatkan mata.

Antioksidan

Buah-buahan juga melindungi sel dari serangan radikal bebas (oksidan). Radikal bebas itu berupa zat-zat dalam tubuh (dibuat oleh tubuh) yang bisa menyerang sel-sel tubuh hingga pertumbuhan kita terganggu.

Menambah daya ingat

Kalau kamu belum tahu kan, kalau buah itu merupakan bahan bakar utama otak kita. Buah membuat otak kita dapat mengingat informasi dengan cepat dan mudah. Kalau ulangan teman-teman ingin sukses, makanlah buah yang banyak.

Melarutkan racun

anggur hijau
Sumber gambar: wikipedia.org

Buah dapat digunakan untuk melarutkan racun atau toksin di dalam tubuh. Teman-teman bisa mencobanya dengan makan anggur dan minum air putih selam 1-2 hari. Atau bisa juga  dengan tidak makan apa-apa selain jus jeruk sampai siang hari. Dijamin asam buahnya dapat melarutkan racun. 

Melancarkan pencernaan

Ini kerjaannya serat makanan. Pir (pear), apel, dan sirsak adalah contoh buah yang banyak mengandung serat. Buah-buah ini membantu memperlancar perjalanan makanan sampai pintu belakang.

apel merah
Sumber gambar: wikipedia.org

Gudang vitamin c

Penampang lintang buah berbagai jenis jeruk.
Sumber gambar: wikipedia.org | Penampang lintang buah berbagai jenis jeruk.

Kerjasama antara vitamin C dan vitamin E sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, dan darah. Buah-buahan yang bisa dikonsumsi untuk fungsinya ini adalah apel, jeruk, kiwi, pepaya, arbei, dan buah-buah berwarna lainnya.

Asal kalian tahu aja, ya, gaes. Ternyata buah kiwi mengandung vitamin C 1½ kali lebih banyak ketimbang jeruk.

buah kiwi
Sumber gambar: wikipedia.org | Buah Kiwi.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Destinasi Wisata Bumi Langit yang Menarik, Pasti Bikin Pengin Ke Sini!

Destinasi Wisata Bumi Langit yang Menarik, Pasti Bikin Pengin Ke Sini!

Review Guna Manusia: Lirik Ngeri Dari Barasuara

Review Guna Manusia: Lirik Ngeri Dari Barasuara