Akhirnya Wanita Iran Diperbolehkan Menonton Pertandingan Bola di Stadion
Sumber gambar: Russian Today
in

Akhirnya Wanita Iran Diperbolehkan Menonton Pertandingan Bola di Stadion

UGETUGET – Pertama kali dalam sejarah negeri, Pemerintah Iran memperbolehkan wanita Iran turut menyaksikan pertandingan sepak bola bersama pria. Nahasnya, pertama kali pula mereka menyaksikan kekalahan tim negaranya setelah ditekuk Spanyol dengan skor 1-0.

Selama 40 tahun, wanita Iran dilarang untuk memasuki seluruh stadion. Namun kemarin, setelah peraturan tersebut dicabut, para wanita Iran ramai-ramai mendatangi Stadion Azadi untuk menyaksikan bersama siara langsung pertandingan babak penyisihan Grup B, antara Iran berhadapan dengan Spanyol.

Akhirnya Wanita Iran Diperbolehkan Menonton Pertandingan Bola di Stadion
Sumber gambar: Russian Today

Bulan Juni ini, Gubernur Provinsi Teheran, mengeluarkan kebijakan yang memperbolehkan pendukung timnas, termasuk perempuan, untuk menyaksikan bersama pertandingan melalui layar lebar. Dan sejarah pun memasuki babak baru, ketika para wanita Iran yang ingin mendukung timnya berlaga di Piala Dunia, ramai mendatangi stadion.

Bahkan sebelum pertandingan dimulai, masih ada kontroversi terjadi. Dilansir dari Russian Today, saat itu, tiga jam sebelum peluit kick off ditiup, polisi melakukan barikade terhadap stadion dan melarang seluruh pendukung untuk memasuki. Alasannya, siaran langsung ditunda karena ada masalah teknis.

Pendukung yang sudah terlanjur berkumpul di depan stadion menolak untuk pulang dan malah menggelar demo untuk memprotes aksi pihak kepolisian.

Dalam sebuah video rekaman yang menyebar di Instagram, tampak wanita dan perempuan kecil duduk di tanah, di sebelah panggung yang sudah disiapkan. Kabar ini pun menyebar dengan cepat dan ditanggapi oleh masyarakat dari berbagai penjuru dunia.

Melihat ini, Menteri Dalam Negeri Iran, Abdolreza Rahmani Fazli, meminta kepolisian untuk membiarkan para pendukung memasuki stadion.

Akhirnya Wanita Iran Diperbolehkan Menonton Pertandingan Bola di Stadion
Sumber gambar: twitter/@cintiabarlem

Di Rusia sendiri, aksi yang serupa dilakukan oleh para wanita berkebangsaan Iran yang berkesempatan menyaksikan Piala Dunia secara langsung. Para wanita tersebut menggunakan kesempatan menonton langsung sebagai wadah untuk melancarkan protesnya, menuntut agar wanita diperbolehkan menyaksikan sepak bola di stadion.

Dalam gambar-gambar yang tersebar di Instagram maupun Twitter, terlihat para wanita Iran membawa spanduk bertuliskan “Dukung wanita Iran untuk masuk stadion!” saat pertandingan Iran melawan Maroko. Tulisan tersebut juga dilengkapi tagar bertuliskan #NoBan4Women.

Diketahui, pada Mei bulan lalu, 5 wanita Iran melawan hukum yang berlaku dengan menyamar sebagai bola untuk memasuki stadion. Tahun lalu, pendukung wanita untuk timnas Iran dilarang memasuki stadion saat kualifikasi Piala Dunia di mana timnas Iran melawan Suriah. Saat itu, wanita Suriah diperbolehkan untuk memasuki stadion dan memberikan dukungan bagi timnasnya.

Hingga saat ini, belum diketahui secara pasti apakah pencabutan hukum mengenai boleh atau tidaknya wanita Iran memasuki stadion bersifat sementara atau selamanya. Untuk itu, ada baiknya kita berdoa dan berharap yang terbaik, agar para wanita Iran bisa turut memberikan dukungannya.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Prancis Menang, Kini Berhak Masuk di Babak 16 Besar

Prancis Menang, Kini Berhak Masuk di Babak 16 Besar

Apakah Masih Ada Peluang Argentina Lolos?

Apakah Masih Ada Peluang Argentina Lolos?