Akhirnya Nokia 6 Resmi Dijual, Apakah Bisa Menjadi Android 3310 ?

Akhirnya Nokia 6 Resmi Dijual, Apakah Bisa Menjadi Android 3310 ?

UGETUGET – Nokia akhirnya memberanikan diri untuk meluncurkan ponsel android, di Indonesia secara resmi meluncurkan Nokia 6 dengan harga sekitar 3jt-an. Memang, perilaku nokia ini telat bersaing.

Dulu nokia adalah raja handphone dengan sistem operasi sysmbian. Dengan songongnya, nokia bilang “Symbian tetaplah yang terbaik”.

Kala itu, andorid sudah mulai meluncur. Sekitar tahun 2009, saya membeli smartphone galaxy 5 dari samsung. Dengan layar 4.3 inchi dan full 24 jam terkoneksi ke intrnet, saya sangat suka dengan ponsel itu.

Harga ponsel nokia dibandrol dengan harga yang sangat mahal, selalu diatas 5jt-an dan menggunakan sistem operasi symbian didalamnya, layar seadanya dan kamera yang menyedihkan. Tapi, karena brand nokia, banyak orang membelinya meskipun harganya sangat mahal.

Dalam 3 tahun ke depan, nokia mulai merasakan akibat dari keras kepala yang selama ini diderita. Penjualan nokia anjlok secara signifikan dan digantikan oleh penjualan ponsel lainnya seperti samsung dengan flagship Galaxy, dan Apple yang meluncurkan generasi pertama iPhone. Nokia tambah terpuruk, dan akhirnya merelakan untuk dibeli oleh Microsoft.

Pada saat itu pemilik Nokia masih heran kenapa produk yang selama ini menjadi primadona pengguna ponsel bisa runtuh dan akhirnya dibeli oleh Microsoft. Saya agak kesal dengan sikap pemilik Nokia yang tidak mau mengadopsi android. Symbian sudah habis masa kejayaannya dan sampai sekarangpun sistem operasi Symbian tidak dikembangkan lagi.

Perjalanan Nokia masih cukup panjang, dengan Microsoft Nokia membuat smartphone dengan sistem operasi Windows Phone. Sebenarnya Windows Phone ini Tidaklah terlalu Populer dibandingkan Android ataupun iPhone.

Bisa dikatakan bahwa Windows Phone berada di peringkat ke-3 setelah Android ataupun iOS. Bahkan sebelum itu ada sistem BlackBerry yang mendominasi dengan aplikasi BBM. Tetapi Seiring berjalannya waktu saat ini jarang sekali orang menggunakan BBM dan digantikan dengan whatsApp.

Akhirnya Nokia tersadarkan bahwa pemenang adalah yang bisa beradaptasi terhadap perubahan, bukan saja bertahan pada satu teknologi. Nokia akhirnya mengadopsi Android dan membuat ponsel berbasis Android. Di Indonesia sudah tersedia versi resmi nokia 6 yang dijual dengan harga sekitar 3 jutaan. Lebih murah dibandingkan ponsel Nokia dengan sistem operasi Symbian.

nokia 6

 

Yang jadi pertanyaannya adalah apakah Nokia mampu merebut tahta sebagai penguasa smartphone di dunia seperti yang mereka rasakan ketika belum muncul Android?

Pertanyaan ini bisa dijawab 50-50. Mungkin saja orang yang ngefans berat dengan Nokia akan kembali lagi ke pangkuan Nokia. Ini hanya sebatas karena dia salah satu penggemar Nokia. Tetapi tidak tahu apakah ponsel Android Nokia bisa memenuhi ekspektasi nya seperti yang diberikan Nokia ketika masa Jaya.

Dan yang kedua adalah orang yang kapok membeli ponsel Nokia karena harganya yang mahal dan spesifikasinya terbatas. Kemudian dia menemukan vendor ponsel lainnya yang mampu memberikan sesuatu yang lebih dibandingkan Nokia. Orang ini tidak akan balik lagi ke pangkuan Nokia. Mungkin salah satu contohnya adalah saya.

Tapi yang patut diberi apresiasi adalah ponsel Nokia sangat tangguh, ini sudah sangat terkenal dan saya rasa bisa dijadikan senjata andalan untuk merajai ponsel di dunia. Ponsel legenda yang pernah dibuat oleh Nokia adalah 3310. Bahkan sampai dibanting pun nokia 3310 masih tetap berfungsi dan bisa digunakan untuk menelpon. Masyarakat sudah membuktikan kehebatan Nokia 3310.

Saya harap, nokia 6 yang sudah resmi meluncur di Indonesia ini akan mengikuti kehebatan nokia 3310 beberapa tahun silam. Biar nanti kita bisa banting-banting ponsel android tanpa rusak.

Untuk kembali lagi merajai, seharusnya Nokia membawa tagline ” android setangguh 3310″

Sumber gambar: Gsm arena

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu