Agar-Agar yang Bungkusnya Dari Dulu Gini-Gini Aja
Sumber gambar: suzuya.id
in

Agar-Agar yang Bungkusnya Dari Dulu Gini-Gini Aja

UGETUGET | Siapa suka agar-agar? Makanan ini kepopulerannya tak kunjung habis. Meski kita mengenal jelly dan puding, makanan ini tetap saja stay cool di hati beberapa masyarakat Indonesia.

Sewaktu saya kecil, ibu sering menyuruh pergi ke toko untuk membeli bahan makanan ini. Saya pun sempat bingung dengan cara kerja agar-agar. Sesuatu yang bubuk kok bisa bertekstur kenyal seperti itu ya?

Ternyata, agar-agar atau agarosa merupakan sebuah zat berupa gel yang diolah dari rumput laut atau alga. Agar-agar mulai mencair pada suhu 85 °C dan mulai memadat pada suhu 32-40 °C. Jadi tidak seperti air yang memadat dan mencair pada titik suhu yang sama.

Makanan ini dikenal luas di Asia Tropika sebagai makanan sehat. Dilihat dari kandungannya yang mengandung serat lunak yang tinggi dan kalori yang rendah, makanan ini membantu memudahkan pembuangan sisa makanan di usus.

Orang-orang Jepang mengenalnya dengan sebutan kanten, sedangkan orang Sunda menyebutnya lengkong.

Bungkus agar-agar yang melegenda
Sumber gambar: suzuya.id | Bungkus agar-agar yang melegenda.

Menariknya, setelah puluhan tahun tidak menjumpainya, ibu menyuruh saya membelikan tepung agar-agar yang menjadi makanan favorit saat itu.

Ada perasaan yang sama ketika mencari barang ini di etalase toko. Bungkusnya yang masih sama dari waktu saya kecil, dari warna dasarnya, susunan desainnya, sampai tulisannya.

Hal ini yang kemudian membawa saya untuk menjelajahi soal agar-agar.

Dilansir dari website msn.com, Spesialis gizi klinis Dr dr. Samuel Oetoro, MS,SpGK, agar-agar mempunyai perbedaan dengan jelly dan pudding. Perbedaannya terletak di tekstur dan campurannya saja, sedangkan asalnya masih dari bahan yang sama.

bubuk agar-agar
Sumber gambar: tuquh.com

Di website itu pula ada beberapa fakta menarik tentang agar-agar untuk kesehatan.

Redakan panas dalam

Agar-agar bisa meredakan panas dalam loh. Hal ini disebabkan oleh kandungan air yang tinggi, sehingga ketika tubuh kita dalam keadaan panas, maka yang dibutuhkan tubuh yakni asupan air. Nah akibatnya cairan yang masuk cukup tinggi.

Menjaga berat badan ideal

Makanan jenis ini bisa menjaga berat badan, asal kita memperhatikan campurannya. Mungkin dicampur susu, gula, krim dan lainnya justru berbahaya. Ini yang harus diperhatikan.

Kolesterol bisa terkontrol

Agar-agar bisa mengontrol kolestrol, dengan catatan tidak ada tambahan susu full cream dan tidak mengandung lemak. Kandungan serat yang tinggi dalam agar-agar akan mengikat lemak.

Paling baik dikonsumsi pada saat sahur

Saat bulan puasa, tubuh membutuhkan serat yang bisa diurai dengan lama. Nah, agar-agar bisa melakukannya dan mampu mempertahankan energi jauh lebih lama.

Nah, kawan-kawan, meski bungkusnya seolah tidak diperhatikan oleh perusahaan, namun manfaat dan kenangannya tetap buat kita bahagia bukan?

Written by Budi

Sehat selalu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Inilah Hal-Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Kamu Mulai Rajin Olahraga

Inilah Hal-Hal yang Akan Terjadi Pada Tubuhmu Ketika Kamu Mulai Rajin Olahraga

Berwisata ke Air Terjun Bermanfaat Bagi Kesehatan

Berwisata ke Air Terjun Bermanfaat Bagi Kesehatan