uget uget - Acara TV Kuis Berhadiah Paling Populer- Komunikata

Acara TV Kuis Berhadiah Paling Populer: Komunikata

UGETUGET – Acara tv kuis berhadiah seperti game show banyak sekali menemani generasi ’90-an. Game ini sangat menghibur. Bahkan, tidak jarang adegan atau kejadian lucu dan kocak terjadi.

Salah satu acara tv kuis berhadiah yang paling membuat saya berkesan adalah Komunikata. Game show ini pertama kali tayang di layar kaca Indonesia pada 25 September 2000. Secara umum, kuis ini sama seperti kuis yang lain.

Peserta kuis terbagi menjadi dua tim. Masing-masing tim diminta untuk menebak kata yang dimaksudkan oleh peserta sebelumnya.

Sebenarnya, prinsip dasar dari game show ini sangat sederhana dan dekat dengan keseharian kita. Justru hal itulah yang membuat game ini menjadi menarik.

Efek yang timbul pada masyarakat adalah seringnya memberikan guyonan atau joke ala Komunikata. “Ya, betul itu, iya, dikit lagi… Apa coba?” sering dijumpai dalam percakapan keseharian. Saat ada teman saya yang roaming, atau kurang paham dengan konteks obrolan, maka saat ia menanyakan justru ditanggapi dengan kalimat guyonan seperti ini.

Setelah game show ini tidak ditayangkan di TPI sejak 30 September 2005, muncul game-game serupa dan hampir mirip di stasiun televisi lainnya.

Dulu saat kecil, saya beserta keluarga selalu menunggu dan menanti acara tv kuis berhadiah berbentuk game show ini. Saya juga sangat ingat nama pembawa acaranya. Bukan karena lucu maupun gaya saat membawakan acara unik, tetapi hanya karena bunyi namanya sangat enak dan pas, Isam Surentu.

Hal yang menarik dari game show ini adalah adanya istilah juara bertahan dan penantang. Jadi, pemenang kuis otomatis akan menjadi bertahan, dan harus bermain selama lima atau enam episode jika menang terus. Setelah itu, mereka tidak berhak main lagi dan harus digantikan oleh tim yang baru.

Begitu juga dari sisi penantang. Tim penantang hanya diberi kesempatan dua kali saja. Jika mereka kalah hingga dua kali, maka mereka tidak berhak mengikuti kuis tersebut di episode selanjutnya.

Kuis ini berhenti ditayangkan di TPI pada tanggal 30 September 2005. Mantan pembawa acaranya, Isam Surentu, pun telah meninggal dunia pada tahun 2016 lalu karena terkena serangan jantung.

Sumber gambar: YouTube.com

Yuk, Dapetin Konten Keren di Email

Kita pilihkan konten yang pasti kamu suka. Masukkan emailmu