7 Cara Mengatasi Keinginan untuk Belanja Berlebihan
Sumber gambar: kabarmakkah.com
in

7 Cara Mengatasi Keinginan untuk Belanja Berlebihan

UGETUGETLebaran sebentar lagi tiba. Pasti banyak orang-orang yang mulai berbelanja dan mempersiapkan hari lebaran. Mulai dari beli baju lebaran, makanan khas lebaran, dan lainnya. Tapi kamu perlu hati-hati, belanja berlebihan bisa bikin kantongmu cepat terkuras.

Siapa sih yang nggak suka belanja? Apalagi buat cewek-cewek nih, pasti suka banget sama yang namanya belanja. Ditambah kalau banyak barang diskon, pasti pada gelap mata dan akhirnya belanja berlebihan.

Belanja merupakan kegiatan yang tentunya dilakukan setiap orang. Misalnya persediaan barang-barang tertentu habis, seperti bahan makanan, produk kecantikan, tentunya kalau habis kita harus segera beli.

Tidak semua orang dapat menahan keinginan untuk belanja. Memang, belanja itu kegiatan yang sangat menyenangkan. Ketika masuk suatu toko, kita dihadapkan dengan barang-barang yang menarik hati. Kalau kita tidak bisa menahan keinginan untuk belanja, nanti berakibat dengan belanja berlebihan.

Terutama di saat menjelang lebaran seperti ini. Rasanya ingin beli ini dan itu. Ingin beli baju yang ini dan itu. Ingin beli kue nastar yang banyak. Duh, berat memang menahan keinginan belanja yang berlebih. Tapi kamu harus mau dan harus bisa. Kalau tidak, nanti berakibat pada keuanganmu yang langsung terkuras habis.

Dirangkum dari website Cermati dan Liputan 6, sebenarnya ada tips untuk mengatasi keinginan untuk belanja berlebihan. Apa saja itu?

COBA PIKIR LAGI, CARI UANG ITU PENUH PERJUANGAN

Kalau kamu merasakan beratnya lika-liku mencari uang, harusnya kamu lebih bijak dalam mengelola keuangan. Pikir lagi deh, selama ini kamu sudah mencoba daftar pekerjaan, akhirnya diterima juga dan pastinya penuh perjuangan. Seharusnya ketika kamu sudah mendapatkan gaji, kamu harus mengelola uang tersebut dengan baik. Jangan dihambur-hamburkan. Nggak ada dampak positifnya ketika kamu menghambur-hamburkan uang, yang ada kamu malah menyesal karena tidak menggunakan uang dengan baik. Jadi pikir-pikir lagi ya kalau mau mengeluarkan uang.

MEMBUAT DAFTAR BELANJA

Membuat daftar belanja bisa menjadi cara efektif untuk mengatasi keinginan belanja yang berlebihan. Tentunya kamu harus sudah memikirkan matang-matang barang apa saja yang harus dibeli. Dengan menggunakan daftar belanja ini kamu cukup membeli barang yang tertulis di daftar saja. Ini sangat membantu banget, lho.

BELANJA DI WAKTU YANG SUDAH DITENTUKAN

Pemilihan waktu untuk belanja pun juga penting. Misalnya kamu bisa memilih belanja di awal bulan saat gaji didapatkan. Ketika kamu sudah belanja di awal bulan, di hari-hari lainnya diharapkan tidak belanja lagi. Maka, kamu perlu menentukan hari untuk belanja kebutuhanmu.

7 Cara Mengatasi Keinginan untuk Belanja Berlebihan
Sumber gambar: kabarmakkah.com

HINDARI BELI BARANG YANG TIDAK DIBUTUHKAN

Nah ini nih yang sering dilanggar. Terkadang banyak orang membeli barang yang bukan dibutuhkan, melainkan yang diinginkan saja. Mulai sekarang harus dipikir-pikir lagi. Apakah barang yang kamu inginkan tersebut juga merupakan barang yang dibutuhkan? Kalau tidak, lebih baik urungkan niat membeli barang tersebut. Cobalah lebih bijak dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan dan diinginkan.

HINDARI BAWA TEMAN ATAU BAWA TEMAN YANG PAHAM KEUANGAN

Saat belanja, lebih baik kamu sendiri saja. Jangan membawa teman. Biasanya kalau belanja bersama teman nanti pengeluarannya bisa lebih banyak karena belanja bersama teman itu memang menyenangkan, ingin beli ini dan itu.

Atau kalau kamu takut belanja sendiri, coba ajak temanmu yang paham keuangan. Nanti kamu bisa diajak berdiskusi dengan temanmu tips belanja yang aman. Kamu pun bisa lebih mengontrol keinginanmu untuk belanja.

BELANJA UNTUK ORANG TERCINTA

Daripada beli barang yang sebenarnya tidak kamu butuhkan, mengapa kamu tidak membeli barang untuk orang lain? Misalnya untuk orang tercintamu. Uangmu lebih bermanfaat jika kamu gunakan untuk membeli barang untuk orang lain daripada membeli barang yang tidak kamu butuhkan. Tentunya orang-orang di sekitarmu juga sangat senang dengan pemberian darimu.

MENABUNG

Nggak usah bingung lagi. Masih ada uang sisa lebih baik kamu tabung. Nggak usah buat jajan atau beli barang-barang lainnya. Menabung menjadi langkah yang baik untuk membuatmu lebih hemat. Jadi, sisihkan uangmu untuk ditabung ya.

Itulah 7 tips cara mengatasi keinginan untuk belanja berlebihan. Semoga bermanfaat untukmu dan kamu bisa mengontrol pengeluaran lebih bijak lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Senjata dari Musuh Spiderman Ini Sedang Dikembangkan, Lho!

Senjata dari Musuh Spiderman Ini Sedang Dikembangkan, Lho!

Viral Video Ayla Tak Kuat Naik Jembatan Kenteng, Daihatsu Berikan Penjelasannya

Viral Video Ayla Tak Kuat Naik Jembatan Kenteng, Daihatsu Berikan Penjelasannya