in

6 Alasan Mengapa Harus Menulis

UGETUGETPada dasarnya, menulis itu adalah seni menuangkan kata-kata ke dalam kertas. Bisa menggunakan tinta atau sejenisnya.

Tak ada ruginya kita menulis dalam kegiatan sehari-hari. Karena, dengan menulis kita akan bisa mengabadikan peristiwa-peristiwa masa lalu, pengalaman-pengalaman yang berkesan, dan kenangan-kenangan yang pernah kita dilihat, didengar, dan dirasakan.

Ada 6 alasan mengapa kita harus menulis:

1. Melampiaskan Isi Pikiran Dan Perasaan

menulis dan mengabadikan
Sumber gambar: idntimes.com (Menulis merupakan kegiatan mengabadikan).

Ketika suatu hari tidak ada seseorang yang diajak berbicara untuk menuangkan uneg-uneg dalam pikiran. Kita perlu menumpahkan segala perasaan melalui tulisan. Supaya pikiran dan perasaan menjadi lebih lega.

Bahkan, jika kegiatan menulis sudah dianggap sebagai proses penyembuhan, dengan kata lain obat dari segala obat. Otomatis, menulis adalah darah daging yang tak dapat terpisahkan dari hidup.

2. Merawat Ingatan

Ini adalah hal penting untuk ditekankan, yaitu menulis bisa menjaga kita dari rasa lupa. Ini terjadi, karena otak akan terus dipaksa untuk bekerja keras mengeluarkan potensi terbaiknya. Sehingga otak kita akan semakin tajam dan terasah.

3. Menginspirasi Orang Lain

Jangan dikira menulis tidak bisa menginspirasi orang lain. Ketika kita bisa menulis yang berbobot dan bermutu baik secara isi maupun makna. Bisa jadi di kemudian hari ada orang yang membaca tulisan kita. Lalu terdorong atau tergugah hatinya untuk berbuat sesuatu yang positif karena sudah membaca tulisan itu.

4. Bermanfaat

Tak ada tulisan yang tak bermanfaat. Tentu saja, semua itu berguna bagi diri sendiri dan orang lain yang membacanya. Kecuali, tulisan itu bertujuan untuk menyinggung golongan atau seseorang, menyebar kabar palsu, atau membuka aib seseorang.

5. Meraup Pundi-Pundi Uang

Banyak sekali penulis terkenal yang sudah memiliki karya-karya berupa buku-buku, atau blog yang sudah punya ribuan pengunjung, atau seseorang yang memiliki ribuan followers. Di sana kita bisa meraup pundi-pundi uang melalui semuanya itu.

Tak terbayang bagaimana rasanya mendulang uang sekaligus menjadikan kegiatan menulis sebagai profesi.

6. Diingat Dunia

Nih, ini hal terakhir yang dapat dirasakan bagi kita, setelah kelak kita tidak ada lagi di dunia ini. Apalagi, jika tulisan kita berhasil meledak di industri perbukuan. Nama kita akan wangi dan harum, khususnya di para mata pembaca.

perangkat menulis yang pas
Sumber gambar: lazuardi.id (Perangkat menulis yang pas).

Itulah yang akan terjadi. Tak bisa dihindari. Sekalipun, tidak terkenal dan ‘meledak’ karya-karya itu, setidaknya kelak meninggalkan warisan untuk anak-cucu kita.

Written by Arief

Kedamaian batin dan ketenangan pikiran adalah segalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Kegagahan Persija Di 10 Pertandingan Terakhir. Djanur Yakin?

Kegagahan Persija Di 10 Pertandingan Terakhir. Djanur Yakin?

Lima Manfaat Menangis Bagi Bayi!

Lima Manfaat Menangis Bagi Bayi!