5 Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Anda Lancar
Sumber gambar: simomot
in

5 Tips Mudik Agar Perjalanan Anda Lancar

UGETUGET – Di Indonesia, lebaran seperti memiliki arti lebih. Setiap lebaran, mudik menjadi satu tradisi yang dipantau kondisinya oleh berbagai media. Mulai dari media elektronik, massa, hingga digital, menyajikan berbagai macam informasai tentang mudik yang bisa dijadikan panduan oleh para pemudik agar selamat sampai tujuan.

Di antaranya adalah informasi tentang spot-spot istirahat, jumlah pengemudi atau kondisi arus lalu lintas, spot kuliner atau wisata yang mungkin bisa Anda kunjungi, dan masih banyak lainnya.

Bagaimanapun, semua informasi itu tidak akan berguna kalau perjalanan Anda tidak berjalan sesuai dengan harapan Anda. Meski informasi ini sudah sering disebarkan di setiap tahunnya, ada baiknya kami sebagai sesama manusia untuk saling mengingatkan. Oleh karena itu, tim ugetuget mengumpulkan 5 tips mudik agar perjalanan Anda lancar sampai tujuan. Berikut ulasannya.

Periksa Performa Kendaraan

Jika Anda memutuskan untuk mudik menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya Anda memastikan kondisi kendaraan benar-benar siap untuk mengatasi perjalanan panjang. Anda bisa mulai dengan mengganti oli, melakukan servis ringan atau berat, dan mengganti ban. Meski terlihat sepele, namun kendala ini seringkali menghambat dan menambah waktu perjalanan Anda, bukan?

Bawa Perlengkapan Otomotif

Anda tidak akan pernah mengetahui kondisi jalan. Di jalan, segala macam kemungkinan bisa terjadi. Sebagaimana pepatah, sedia payung sebelum hujan, maka untuk menghadapi kondisi terburuk, ada baiknya bagi Anda untuk mempersiapkan segalanya. Salah satunya adalah dengan mempersiap sendiri peralatan otomotif sederhana. Bagaimanapun, dalam arus mudik ini Anda tidak sendiri. Anda akan bebarengan dengan jutaan orang lain dengan tujuan yang sama. Dan Anda pun tidak bisa mengandalkan bengkel ataupun pertolongan orang untuk mengatasi kesulitan Anda saat di perjalanan.

Pastikan Surat Kelengkapan Kendaraan

Jalan antar provinsi tapi tanpa surat keterangan kendaraan, barangkali jika memang begitu kondisi, tunda saja perjalanan Anda. Bisa dipastikan, perjalanan Anda akan berlangsung dengan banyak halangan. Maka, ada baiknya bagi Anda untuk menyiapkan segalanya.

5 Tips Mudik Lebaran Agar Perjalanan Anda Lancar
Sumber gambar: simomot.com

Istirahat Cukup Sebelum Berangkat

Yang akan Anda hadapi adalah perjalanan belasan jam di jalan dengan kondisi padat dan udara yang panas. Jika Anda tidak memiliki waktu yang cukup sebelumnya, ada baiknya untuk menunda perjalanan barang sehari atau dua hari. Bagaimanapun ini untuk keselamatan diri Anda sendiri. Sudah sering dengar berita juga kan tentang kecelakaan saat mudik? Jangan jadikan nama Anda muncul di headline berita media manapun!

Gunakan Baju yang Nyaman

Anda pergi ke jalan dan dalam waktu belasan jam, atau terkadang sampai ada yang terjebak selama berhari-hari di jalan. Jadi, jangan gunakan jenis pakaian yang seharusnya Anda gunakan di pesta atau acara kongkow bersama teman. Cukup gunakan pakaian seadanya, yang penting nyaman dan siap untuk menghadapi kondisi jalan. Anda juga tidak mau kan selama perjalanan bermandi keringat karena baju yang terlalu tebal, atau sampai di tujuan jadi sakit karena kain baju yang terlalu tipis. Putuskan dengan bijak.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Para Mantan Panitia Bukber Ini Curhat Online, Nyesek Bacanya

Para Mantan Panitia Bukber Ini Curhat Online, Nyesek Bacanya!

Tenang, Jamaah Masjid Tidak Hilang. Mereka Pergi, Untuk Kembali

Tenang, Jamaah Masjid Tidak Hilang. Mereka Pergi, Untuk Kembali