5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran
Sumber gambar: MerahPutih.com
in

5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran

UGETUGET – Sering kita mendengar berita, rumah-rumah dikunjungi maling saat kondisi sepi. Sering pula ada berita kondisi rumah yang sepi tapi bisa tiba-tiba meledak, menjadi bencana bagi empunya rumah maupun warga sekitar.

Padahal sebentar lagi Lebaran. Dan juga, pasti Anda sedang bersiap-siap untuk berangkat mudik menuju kampung halaman. Bukankah lelah selama setahun bekerja akan lunas terbayar saat berkunjung dan bersua saudara di desa? Maka dari itu, momen mudik Lebaran menjadi momen yang sulit untuk ditinggalkan.

Anda pun tidak perlu khawatir, untuk Anda, kami tim ugetuget sudah menyiapkan 5 tips aman meninggalkan rumah saat mudik Lebaran. Berikut uraiannya:

Pasang CCTV, Sambung WiFi, Manfaatkan Teknologi Terkini

Kini kita bisa dengan mudah menemukan produk cctv dengan harga murah dan pemasangan mudah. Terlebih, sudah ada jenis teknologi cctv terbaru yang bisa tersambung langsung ke jaringan wifi Anda. Maka, jika Anda merasa khawatir untuk akan keamanan rumah, cukup beli saja. Pasang sendiri, dan Anda bisa menikmati kemudahan yang ditawarkan oleh teknologi.

Lampu Sensor

Satu tanda utama dari rumah yang kosong adalah tiadanya penerangan. Alih-alih ingin hemat listrik, Anda tinggalkan rumah dalam keadaan gelap gulita. Maka maling pun selayaknya kucing yang diberi ikan asin, ia senang melihat besarnya kesempatan untuk sowan bertamu di rumah Anda. Tak perlu khawatir, sekarang sudah ada lampu sensor yang siap menjadi kawan dalam mengurus penerangan rumah Anda. Harganya tidak mahal, pemasangan bisa dilakukan sendiri. Pun jika tidak bisa sendiri Anda bisa minta tolong bantuan ahlinya

5 Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran
Sumber gambar: MerahPutih.com

Pastikan Kondisi Listrik dan Kompor

Setiap tahun, entah kenapa selalu ada berita kebakaran dari rumah kosong. Biasanya, ketika keterangan penyebab diutarakan, sumbernya sepele, karena konsleting listrik ataupun gas bocor. Maka, untuk memastikan rumah Anda aman saat ditinggalkan, ada baiknya Anda memeriksa kondisi gas maupun listrik. Saat hendak berangkat, pastikan untuk melepas selang gas dari tabung, lalu jangan lupa pula untuk memastikan kondisi arus listrik rumah Anda. Kebingungan karena merasa bukan bidangnya? Tenang saja, layanan cepat tanggap PLN siap membantu Anda.

Bersihkan Rumah dari Makanan Sisa Maupun Pakaian Kotor

Tentunya Anda tidak mauu sekembali dari liburan malah disambut bau tidak sedap dari dalam rumah. Ketika ditelusuri, ternyata penyebabnya adalah kelalaian Anda untuk membuang makanan sisa atau lupa mencuci pakaian kotor. Kondisi lelah setelah perjalanan panjang, masih harus meluangkan tenaga untuk menumpas bau tidak sedap dari dalam rumah, jangan jadikan akhir liburan Anda tidak menyenangkan.

Kunci Semua Ruangan, Titip Pesan Untuk Keamanan atau Warga Sekitar

Jangan lupa untuk mengunci semua ruangan Anda, dan jangan lupa pula untuk membawanya. Setelah itu, titipkan ke tetangga yang tidak mudik atau keamanan kampung. Hal ini bisa menimbulkan perasaan Aman yang lebih bagi diri Anda saat meninggalkan rumah. Bagaimanapun, Anda bisa memiliki tenaga keamanan gratis yang siap melaporkan kondisi jika terjadi sesuatu bukan?

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Miris! Pelaku Pembacokan Mahasiswa UGM Masih di Bawah Umur

Miris! Pelaku Pembacokan Mahasiswa UGM Masih di Bawah Umur

Senjata dari Musuh Spiderman Ini Sedang Dikembangkan, Lho!

Senjata dari Musuh Spiderman Ini Sedang Dikembangkan, Lho!