5 Perbedaan Lebaran di Desa dan di Kota, Lebih Asik Mana Menurutmu
Sumber gambar: loop.co.id
in

5 Perbedaan Lebaran di Desa dan di Kota, Lebih Asik Mana Menurutmu?

UGETUGETHalo pembaca setia Uget Uget! Selamat Hari Lebaran ya! Tahun ini lebaran kemana kamu? Tetap di kota atau pulang ke desa? Ternyata ada perbedaan lebaran di desa dan di kota, lho. Kamu tahu?

Kota dan desa. Dua hal yang tidak henti-hentinya untuk dibahas perbedaannya. Ada yang bilang enak hidup di kota karena semuanya tersedia di kota. Ada pula yang merasa enak hidup di desa karena suasananya masih asri dan sejuk.

Semuanya itu sebenarnya tergantung persepsi masing-masing. Mau hidup di desa atau kota, kakimu juga tetap di bumi ini. Antara desa dan kota juga memiliki ciri khas masing-masing.

Salah satunya ketika lebaran seperti ini. Jika kamu pernah merasakan lebaran di desa dan di kota, pasti kamu merasakan perbedaannya.

Lantas apa perbedaan lebaran di desa dan di kota? Yuk simak artikel berikut!

SUASANA

Ketika lebaran, orang-orang di kota biasanya mudik ke kampung halaman. Hal ini membuat kota menjadi sangat sepi. Jalanan di kota pun nggak macet seperti biasanya.

Begitu pula sebaliknya, justru di desa malah jadi ramai karena orang-orang kota banyak yang berkunjung ke desa.

KEGIATAN LEBARAN

Biasanya nih, seusai shalat Idul Fitri kalau di kota langsung diadakan syawalan di masjid sekitar. Setelah itu pulang. Intinya sih ya syawalan bentar dengan tetangga.

Lain halnya dengan kegiatan lebaran di desa. Di sana malah saling silaturahmi, mengunjungi rumah tetangga, saling bersalam-salaman. Di desa hubungan dengan tetangga memang sangat dekat. Inilah mengapa banyak orang yang lebih memilih tinggal di desa saja.

5 Perbedaan Lebaran di Desa dan di Kota, Lebih Asik Mana Menurutmu
Sumber gambar: loop.co.id

TIPE ORANG

Kamu pasti sudah tahu kalau stereotype orang kota itu cuek, orang desa perhatian. Ya memang gitu sih, ada benarnya juga.

Misalnya saja saat perjalanan ke masjid atau lapangan untuk shalat Idul Fitri. Tentunya kita bertemu dengan banyak orang.

Nah kalau di desa sih pasti orang-orangnya langsung salam-salaman dan mengucapkan hari lebaran. Beda dengan di kota. Kan nggak kenal orangnya, boro-boro mau salaman.

Kadang suka sedih kalau hubungan sosial di kota seperti ini. Ingin pindah ke desa aja rasanya.

JENIS HIBURAN

Hari lebaran tentunya identik dengan libur lebaran. Karena di kota semuanya terpenuhi, orang-orang kota pun bisa dengan bebas dan leluasa jika ingin liburan, misalnya ke mall, tempat wisata, restoran, atau pusat perbelanjaan.

Berbeda dengan lebaran di desa, berkumpul dengan sanak saudara saja rasanya udah bahagia banget. Dan juga merasakan masakan nenek tercinta, wah bahagia banget deh!

JENIS HIDANGAN DI MEJA TAMU

Karena orang kota biasanya sudah sibuk dengan pekerjaannya, mereka pun tidak memiliki waktu untuk menyiapkan lebaran, misalnya dari segi hidangan untuk di meja tamu. Biasanya orang-orang kota lebih memilih kue kalengan yang lebih praktis dibandingkan harus membuat aneka kue kering khas lebaran.

Berbeda dengan di desa, kamu akan menemukan makanan yang belum pernah kamu coba yang ada di meja tamu. Beda sekali rasanya. Karena kamu sudah terbiasa dengan makanan di kota, kamu akan merasa hidangan di desa ini sangat istimewa.

Itulah perbedaan lebaran di desa dan di kota. Menurutmu lebih menyenangkan yang mana?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Salut! 6 Profesi Ini Tetap Bekerja Ketika Libur Lebaran

Salut! 6 Profesi Ini Tetap Bekerja Ketika Libur Lebaran

Menjaga Berat Badan di Hari Lebaran, Kamu Perlu Kemauan yang Kuat!

Menjaga Berat Badan di Hari Lebaran, Kamu Perlu Kemauan yang Kuat!