RENDANG DAGING
Sumber gambar: resephariini.net
in

5 Hidangan Lebaran Khas Indonesia yang Bikin Badanmu Makin Lebar-an

UGETUGETSetelah sebulan penuh berpuasa, akhirnya sebentar lagi kita akan menyambut lebaran. Hari lebaran pasti identik dengan momen maaf-maafan. Selain itu ada pula hidangan lebaran yang tentunya sangat enak, tapi hati-hati bisa bikin badanmu tambah lebar-an.

Tidak terasa sebentar lagi kita akan merayakan hari lebaran, hari kemenangan. Padahal, rasa-rasanya baru kemarin puasa tapi kok sudah mau lebaran saja.

Hari lebaran merupakan hari raya idul fitri, tandanya kita kembali ke fitri, kembali ke hal yang baik-baik. Melupakan segala dendam dan memaafkan segala kesalahan orang-orang yang pernah berbuat jahat kepada kita.

Maka dari itu tak heran ketika lebaran tiba, momen maaf-maafan itu sangat melekat. Tak hanya momen maaf-maafan yang identik dengan hari lebaran, hidangan lebaran pun juga sangat dinantikan.

Hidangan lebaran merupakan makanan khas yang biasanya disajikan saat hari lebaran. Hidangan ini menjadi pemanis untuk kamu dan keluargamu ketika berkumpul bersama.

Hidangan lebaran khas Indonesia sebenarnya banyak dan beraneka ragam. Namun di sini saya akan merangkumnya dalam 5 hidangan khas lebaran yang biasanya ada di meja makan orang-orang pada umumnya. Apa saja itu?

KETUPAT

KETUPAT
Sumber gambar: bangka.tribunnews.com

Kurang lengkap rasanya jika menu ketupat ini tidak ada di meja makanmu ketika hari lebaran. Sebenarnya ketupat ini merupakan pengganti nasi, maka bahan dasarnya pun juga menggunakan beras. Hanya saja cara pengolahannya yang berbeda.

Untuk memasak ketupat caranya dengan memasukkan beras ke dalam anyaman daun kelapa muda atau janur kemudian dikukus hingga padat. Setelah jadi, dipotong sesuai selera dan bisa dinikmati dengan menu pendamping lainnya.

OPOR AYAM

5 Hidangan Lebaran Khas Indonesia yang Bikin Badanmu Makin Lebar-an
Sumber gambar: cookpad.com

Menu opor ayam tidak bisa dilepaskan dari momen lebaran. Opor ayam merupakan menu berbahan dasar ayam yang dibumbui beserta dengan santan yang gurih.

Biasanya opor ayam disajikan dengan ketupat. Entah kenapa rasanya sedikit berbeda ketika makan opor ayam dengan nasi dan opor ayam dengan ketupat. Kamu juga merasakan hal yang berbeda tidak? Ah mungkin ketika lebaran memang menu ketupat dan opor ayam ini sudah menjadi pasangannya, rasanya pun semakin enak dan mantap.

RENDANG DAGING

RENDANG DAGING
Sumber gambar: resephariini.net

Selain daging ayam, daging sapi pun juga diolah sebagai menu khas lebaran. Daging sapi ini diolah menjadi menu rendang daging. Apakah ini menu favoritmu?

Seperti opor ayam, rendang daging ini juga rasanya juga sangat enak. Apalagi kalau dagingnya empuk, duh bikin ketagihan!

SAMBAL GORENG KENTANG

SAMBAL GORENG KENTANG
Sumber gambar: rasasayange.co.id

Menu selanjutnya yaitu sambal goreng kentang. Memang tidak sepopuler opor ayam dan rendang daging, tetapi menu ini juga cukup sering disajikan saat lebaran.

Selain kentang, biasanya menu ini ditambahkan dengan ati ampela yang rasanya sangat nikmat. Ah jadi pengen cepet-cepet lebaran!

BERBAGAI KUE KERING

BERBAGAI KUE KERING
Sumber gambar: resephariini.com

Tidak hanya makanan berat, makanan ringan seperti kue kering pun juga identik saat lebaran. Berbagai kue kering seperti kue nastar, kastangel, dan kue kering lainnya banyak dijumpai ketika lebaran. Mana kue kering favoritmu?

Itulah 5 menu lebaran khas Indonesia. Mana yang menjadi favoritmu? Semuanya? Wah hati-hati. Nanti badanmu makin lebar-an, lho. Jangan berlebihan dalam mengambil porsi makan ya. Tetap jaga kesehatan saat lebaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Comments

comments

Manfaat Buah Naga, Penting Untuk Cewe!

Manfaat Buah Naga, Penting Untuk Cewe!

Setelah 3 Tahun, Jurassic World- Fallen Kingdom Akhirnya Rilis

Setelah 3 Tahun, Jurassic World: Fallen Kingdom Akhirnya Rilis