4 Mainan Tradisional Ini Gak Kalah Seru dari ML dan PUBG!
Sumber gambar: HipWee
in

4 Mainan Tradisional Ini Gak Kalah Seru dari ML dan PUBG!

UGETUGET – Saat saya kecil, banyak sekali mainan tradisional yang sering dimainkan dan hanya muncul di bulan puasa. Mainan-mainan ini banyak diperjualbelikan di warung-warung klontong dengan harga murah. Pun jika tak ingin membeli, saya bersama kawan-kawan cukup mengumpulkan barang-barang bekas untuk berkreasi sendiri.

Meski rata-rata mainan itu sifatnya meledak dan terkesan mengganggu orang-orang di sekitar, memainkannya seperti menimbulkan kepuasan tersendiri. Sungguh, jika mau saya bandingkan, mainan-mainan tradisional tersebut tidak akan kalah seru dengan mainan zaman now seperti Mobile Legend (ML) atau Player Unknown Battleground (PUBG) yang hanya bisa dilakukan di rumah.

Meski tidak bisa dibilang benar-benar menghilang, kini mainan-mainan tradisional sudah banyak berkurang. Kecuali di tempat-tempat yang menjadikan mainan tradisioanl menyatu dengan tradisi masyarakat tentunya. Kalian mau tahu? berikut adalah mainan-mainan tradisional yang hanya muncul saat bulan puasa.

Petasan

Meski kini masih banyak orang yang menjual petasan, tapi anak-anak yang memainkan mulai banyak berkurang. Dulu, waktu setelah subuh adalah waktu yang tepat untuk membunyikan petasan. Dengan dalih jalan-jalan, anak-anak jaman dulu akan pergi sambil membawa petasan untuk diledakkan di sepanjang jalan.

4 Mainan Tradisional Ini Gak Kalah Seru dari ML dan PUBG!
Sumber gambar: Republika Online

Memang terkesan usil. Apalagi jika ada anak yang membawa petasan racikan sendiri. Modelnya dengan cara bubuk mesiku ditaruh dalam kertas yang digulung. Makin tebal kertas yang digulung, makin dibutuhkan banyak bubuk mesiu untuk meledakkan, suara ledakkan pun menjadi semakin kencang. Hasilnya, jalan-jalan akan dipenuhi oleh kertas-kertas sisa ledakan.

Meriam Kaleng

Meskipun namanya terkesan menakutkan, sebenarnya mainan ini tidak banyak mengandung resiko dibandingkan petasan. Hanya dengan dana sekitar 8ribu, anak-anak bisa mendapatkan mainan yang memiliki suara sama kerasnya dengan petasan.

4 Mainan Tradisional Ini Gak Kalah Seru dari ML dan PUBG!
Sumber gambar: amataminbarabai.blogspot.com

Anda ingin membuat sendiri? Caranya gampang, hanya butuh kaleng, spiritus, botol plastik wadah minuman dan pemantik api listrik.

Meriam Bambu

Di beberapa daerah di Indonesia, meriam bambu menjadi salah satu mainan yang dimainkan oleh orang dari berbagai usia. Tua-muda, laki-laki-perempuan, siapapun yang menyukai diperbolehkan untuk memainkannya. Bahkan terkadang, ada juga orang tua yang meluangkan waktunya untuk membuatkan meriam bambu untuk anaknya.

4 Mainan Tradisional Ini Gak Kalah Seru dari ML dan PUBG!
Sumber gambar: TribunJogja.com

Sebenarnya, bentuk meriam bambu hanya sederhana. Pun cara pembuatannya tidaklah rumit dan memakan banyak waktu. Anda cukup memotong bambu berukuran 1 meter, kemudian Anda berikan lubang di permukaan pada buku-buku pangkalnya.

Berbahan bakar minyak tanah, Anda bisa mendapatkan suara ledakan yang seakan-akan mirip dengan meriam yang sebenarnya.

Mercon Busi

Salah satu petasan yang dulu pernah menjadi mainan favorit anak-anak ketika bulan puasa adalah mercon busi. Menggunakan sebuah besi bekas, mur dan korek api, suara yang dihasilkan bisa bersaing dengan petasan mesiu pada umumnya. Terlebih, mercon busi ini minim resiko jika dibandingkan dengan petasan lain. Maka, adalah hal yang wajar pada zaman dulu, sebelum memasuki bulan puasa, anak-anak akan berburu busi bekas di bengkel-bengkel sekitar rumah mereka.

4 Mainan Tradisional Ini Gak Kalah Seru dari ML dan PUBG!
Sumber gambar: Ngalam.co

Bagaimana cara pembuatannya? Mudah saja: Anda masukkan korek api di bagian dalam busi kemudian busi tersebut dilempar dari tempat tinggi. Saat bagian dalam busi yang berisikan korek terguncang keras akibat dijatuhkan dari tempat tinggi, maka busi akan menghasilkan suara ledakan. Lalu, Anda mau mencoba membuat mercon sendiri?

Sumber gambar: HipWee

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Viral Kaos Oblong Tumpuk Kemeja, Harganya Bikin Kita Kaget

Viral Kaos Oblong Tumpuk Kemeja, Harganya Bikin Kita Kaget

Tips Menghapus dan Menjaga Jejak Digital Anda

Tips Menghapus dan Menjaga Jejak Digital Anda