4 Bisnis Minim Modal Ini Bisa Kamu Coba di Waktu Senggang, Berminat?
Sumber gambar: medium.com
in

4 Bisnis Minim Modal Ini Bisa Kamu Coba di Waktu Senggang, Berminat?

UGETUGET – Lazim kita dengar pertanyaan dari orang-orang sekitar, entah saat berkumpul bersama, atau saat diskusi santai berdua saja, “Emang bisa ya sukses berbisnis tapi modalnya sedikit?” Artinya, masih banyak dari kita beranggapan bahwa keberhasilan itu terutama bergantung dari jumlah modal yang dimainkan. Padahal, banyak di luar sana sosok-sosok yang berhasil dalam berbisnis dengan modal kecil.

Dengan kata lain bisa juga kita pahami, atau mungkin kita sering temui dalam kehidupan, banyak yang pada akhirnya terjebak kesulitan dalam memulai bisnis lantaran permasalahan modal. Lalu, mereka pun melakukan pinjaman, mengingat potensi bisnis yang ditekuni, dalam anggapan mereka, pasti akan memberikan profit dalam waktu yang singkat dan jumlah banyak. Namun seringkali kehidupan tidak berjalan sesuai yang kau harapkan.

Di titik kesadaran itulah kita mulai mendapatkan pemahaman baru, bahwa tidak semua usaha bisnis membutuhkan modal besar. Dengan modal minim, tak jarang kita temui orang yang berhasil mengelola usahanya untuk berkembang menjadi besar. Berikut adalah 4 jenis bisnis minim modal yang bisa Anda lakukan di waktu senggang. Kuncinya, tekun dan berusaha:

Penyedia Jasa dan Layanan

Sudah banyak kita temui jenis-jenis pekerjaan yang produk utamanya adalah jasa dan layanan. Yang sering kita pakai semisal Gojek, Uber, Ruang Guru, dan masih banyak lainnya. Tapi tunggu dulu, aplikasi yang saya sebutkan di atas memang memulai dengan modal besar. Yang bisa kita contoh di sini adalah ide mereka untuk mengoptimalkan pelayanan jasa menjadi usaha dengan penghasilan milyaran. Maka, baiknya kita mulai berpikir ulang, jenis jasa apa yang bisa kita jalankan dan bagaimana menjalankannya. Cukup dengan keringat dan usaha keras.

4 Bisnis Minim Modal Ini Bisa Kamu Coba di Waktu Senggang, Berminat?
Sumber gambar: medium.com

Reseller

Baik reseller offline maupun online, jenis pekerjaan in benar-benar membutuhkan modal kecil saja. Kita dapat bergabung dengan unit-unit besar atau vendor yang menyediakan kesempatan untuk menjadi reseller. Dan reseller merupakan jenis pekerjaan yang tidak menghabiskan banyak waktu kita. Modal utamanya adalah telepon pintar, lalu kita bisa menjajakan produk-produk yang kita jual dengan pasar utama adalah lingkungan pertemanan yang ada di media sosial milik kita. Mudah, bukan?

Penulis

Jika Anda senang atau bahkan merasa memiliki bakat sebagai penulis, pilihan untuk menjadi penulis lepas adalah jenis pekerjaan yang tepat bagi Anda. Dengan menjamurnya berbagai macam situs atau web yang menawarkan banyak informasi, menjadikan kesempatan Anda untuk memaksimalkan kemampuan semakin besar. Atau, Anda bisa memulai dengan menjadi penulis lepas di media-media yang sering Anda buka dan baca. Ugetuget ini misalnya. Tertarik?

Blogger

Menjadi blogger tak hanya sekedar menuliskan cerita atau pengalaman di blog. Lebih dari itu, blogger bisa menjadi ladang uang tersendiri bagi Anda. Dari mana uangnya? Banyak sumber! Bisa dari google adsense, penyewaan space iklan, dan masih banyak lagi. Untuk mewujudkannya pun tentu memerlukan usaha lebih. Anda harus memastikan bahwa blog yang dikelola memiliki trafik pengunjung tinggi. Untuk meningkatkan traffic bisa dilakukan dengan optimisasi SEO (Search Engine Optimization), pembuatan konten kreatif dan menarik, user friendly, dan masih banyak lagi.

Written by Biru Samudra

Penikmat film, sastra, musik dan penyuka bola musiman.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Pentingnya Mengerjakan Tugas Kuliah di Luar Rumah

Pentingnya Mengerjakan Tugas Kuliah di Luar Rumah

Menemukan Uang Sebanyak Rp20 Juta, Petugas Kebersihan Ini Mengembalikan Kepada Pemiliknya

Menemukan Uang Sebanyak Rp20 Juta, Petugas Kebersihan Ini Mengembalikan Kepada Pemiliknya