Sekitar 11.000 Tahun Lalu, Kukang Berbentuk Raksasa
Sumber gambar: www.cunoastelumea.ro
in

Sekitar 11.000 Tahun Lalu, Kukang Berbentuk Raksasa

UGET UGET – Kukang dikenal sebagai hewan yang lamban dan malu-malu. Ukurannya yang imut juga mata bulatnya yang belok bikin gemas siapapun yang melihatnya. Ukurannya yang hanya segenggaman tangan, membuat kukang sama sekali tak terlihat menyeramkan.

Apabila melihatnya dalam kartun keluaran Disney yang berjudul Zootopia, kukang tampak jauh lebih besar. Bahkan jauh lebih besar daripada ukuran karakter rubah dan kelinci dalam kartun Zootopia. Apa ada yang salah?

Ternyata kukang yang kita temui sekarang berbeda dengan kukang di zaman dahulu lho guys. Kurang lebih 11.000 tahun yang lalu, kukang berbentuk raksasa. Bahkan tingginya melebihi manusia purba kala itu. Seperti dikutip dari kompas.com (1/5), ukuran kukang di zaman dulu diperkirakan mencapai 2,1 meter saat berdiri. Mereka juga memiliki cakar tajam berbentuk sabit.

Sekitar 11.000 Tahun Lalu, Kukang Berbentuk Raksasa
Sumber gambar: www.cunoastelumea.ro

Bukti tersebut diambil dari jejak kaki kukang raksasa yang ditemukan pada April lalu. Kini jejak kaki itu terpajang di Monumen Pasir Putih New Mexico. Bila dibandingkan dengan kukang yang hidup di zaman sekarang, ukurannya sangat berbeda. Kukang yang ada saat ini bahkan tinggi rata-ratanya hanya berkisar 260 mm.

Untuk menjawab rasa penasaran mengapa kukang berubah ukuran, ternyata kukang raksasa itu punah. Hipotesis yang mereka ajukan, kukang raksasa itu punah akibat perburuan manusia. Sebab dalam bukti jejak kaki tersebut, terdapat jejak kukang juga jejak manusia. Jejak kaki manusia purba tidak hanya ditemukan di sekitar jejak kaki kukang, tetapi juga di dalam jejak kaki kukang itu sendiri.

Sehingga sang peneliti, Matthew Bennett, yang juga pakar geomorfologi dari Bournemouth University Inggris menyimpulkan bahwa manusia sengaja berjalan di jalur kukang. Sayangnya para peneliti belum mengetahui betul alasan perburuan itu. Apakah untuk diambil dagingnya atau hanya diambil bulunya saja.

Untuk saat ini kukang dikenal sebagai hewan yang lambat dan sangat suka bermalas-malasan. Apakah dengan ukuran tubuh raksasa, dulunya kukang adalah hewan yang aktif? Apakah kukang raksasa adalah hewan buas yang cukup ditakuti manusia? Mengetahui gambaran cakarnya saja, saya berpikir bahwa kukang raksasa ini tampak menyeramkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Loading…

Berada di Final, Zidane Mengejar Rekor Baru

Berada di Final, Zidane Mengejar Rekor Baru

Bulan Mei, Persija Bisa Sedikit Bernapas Lega

Bulan Mei, Persija Bisa Sedikit Bernapas Lega